Kereta api sampai ketika ini masih menjadi andalan masyarakat yang ingin bepergian ke tujuan tertentu. Selain biayanya yang terhitung murah, sekarang layanan kereta api dari PT Kereta Api Indonesia pun sudah lebih baik dan termasuk nyaman untuk melaksanakan perjalanan jauh. Dan ada satu lagi layanan yang juga menciptakan sebagian besar pengguna menjatuhkan pilihan ke moda transportasi massal ini yaitu pemesanan tiket yang sudah sanggup dilakukan secara online.
Layanan cara pesan tiket kereta api secara online ini sangat gampang dilakukan bahkan bagi yang gres pertama kali berkenalan dengan cara-cara online. Ada banyak laba kalau konsumen melaksanakan pemesanan tiket kereta api secara online ini. Yang paling terasa yaitu konsumen tak perlu tiba dan antri di depan loket tiket di stasiun yang sanggup memakan waktu sampai berjam-jam. Yang kedua, harga tiket pun sama dan bahkan sanggup lebih murah dibanding kalau membelinya eksklusif di stasiun. Yang ketiga, konsumen sanggup mengetahui dan menentukan mana saja kereta dengan bangku yang masih kosong dan mana yang sudah habis dengan cepat. Lalu untuk pilihan pembayaran pun sangat fleksibel mulai dari transfer lewat ATM, membayar di Indomaret/Alfamart dan juga di kantor pos.
1. Cara pesan tiket kereta api secara online
Cara pesan tiket kereta api melalui situs resmi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yaitu dengan kanal ke https://tiket.kereta-api.co.id/. Dari halaman utama yang ditampilkan tersebut, di kolom "Info Jadwal & Reservasi" konsumen sanggup mulai melaksanakan pemesanan tiket kereta. Ada beberapa data yang wajib untuk diisi. Pertama yaitu tanggal keberangkatan dengan menentukan dari hidangan drop down yang sudah tersedia (misalnya menentukan : Jum'at 11 Agustus 2019). Data selanjutnya yang harus dilengkapi yaitu Stasiun Asal, juga dipilih dari hidangan drop down yang tersedia (misalnya menentukan : Cepu). Dilanjut dengan menentukan data Stasiun Tujuan, masih sama dengan memilihnya dari hidangan drop down (misalnya menentukan : Bandung).
Proses cara pesan tiket kereta api selanjutnya yaitu menentukan jumlah penumpang yang akan berangkat yang dibedakan menjadi penumpang remaja (lebih dari sama dengan 3 tahun) dan penumpang Infant (kurang dari 3 tahun). Lalu klik pada tombol Tampilkan warna orange. Bila memang tersedia maka akan ditampilkan semua kereta yang tersedia untuk tujuan tersebut beserta kapasitas daerah duduk baik yang tiketnya masih tersedia maupun yang sudah habis. Dari teladan di atas yaitu pesan tiket untuk dari Stasiun Cepu Ke Stasiun Bandung pada Jum'at 11 Agustus 2019 akan menampilkan data-data sebagai berikut :
HARINA (73) Eksekutif Subclass A, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 450.000
HARINA (73) Eksekutif Subclass W, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 150.000
HARINA (73) Bisnis Subclass B, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 340.000
HARINA (73) Bisnis Subclass K, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 310.000
HARINA (73) Bisnis Subclass N, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 290.000
HARINA (73) Bisnis Subclass O, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 270.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass C, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 230.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass P, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 215.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass Q, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 200.000
Lanjut dengan klik pada tombol Pesan warna biru dari kereta yang dipilih. Halaman berikutnya akan menampilkan detil dari pesanan yang gres saja dilakukan. Dari teladan di atas contohnya yaitu sebagai berikut :
Informasi Reservasi Kereta Api
Nama KA (No) : HARINA (73)
Kelas : Ekonomi (C)
Asal : CEPU (CU)
Tujuan : BANDUNG (BD)
Berangkat : 11 Aug 2019, 18:43 WIB
Datang : 12 Aug 2019, 04:11 WIB
Harga Tiket
Dewasa : Rp 230.000
Infant : Rp 0
Jumlah Penumpang
Dewasa : 1
Infant : 0
Berikan tanda centang pada "Dengan ini saya sepakat dan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), termasuk pembayaran dan mematuhi semua hukum dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif atau jasa". Kemudian klik pada tombol Lanjutkan untuk masuk ke halaman Pengisian Data Penumpang dan juga Data Pemesan. Untuk data penumpang mencakup : nama lengkap dan Nomor ID (KTP, Paspor, SIM). Bila tak mempunyai ID maka diisi dengan tanggal lahir dengan bentuk penulisan : hhbbtttt. Kemudian untuk data pemesan mencakup : Nama, Email, No Hp, dan alamat lengkap.
Setelah data-data dilengkapi, pemesan melanjutkannya ke pembayaran. Tentukan metode pembayaran tiket termudah dari beberapa pilihan berikut : ATM bank, Indomaret, Alfamart atau kantor pos. Setelahnya klik pada tombol Selanjutnya. Sesudah itu pada layar akan ditampilkan halaman konfirmasi pemesanan. Segera saja membayar sesuai opsi yang dipilih contohnya melalui Indomaret. Bila pembayaran sudah diselesaikan maka pemesan akan dikirimi email dan SMS konfirmasi dimana di dalamnya tercetak instruksi booking, identitas penumpang dan detil perjalanan. Menggunakan instruksi booking tersebut calon penumpang sanggup menukarkannya ke boarding pass atau tiket kereta di mesin Check-in corner di stasiun keberangkatan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan.
2. Mengenal RAILPAY sebagai alat pembayaran pembelian tiket
RAILPAY termasuk layanan uang elektronik berbentuk kartu yang dikeluarkan PT KAI berhubungan dengan bank penerbit dan ditujukan bagi para pelanggan KAI. RAILPAY ini menjadi pengganti uang tunai dengan saldo yang tersimpan dalam chip kartu. RAILPAY sanggup digunakan untuk alat pembayaran, alat transaksi serta identitas pelanggan KAI. Kartu ini selain sanggup digunakan untuk membayar tiket kereta juga untuk Tiket Pesawat, Tiket Kapal Laut, Tiket Damri, uang Tol, Parkir (Res Parking,ISS Parking), BBM (SPBU Pertamina), membeli di toko retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo dan toko retail lainnya), restoran (Solaria, Excelso, Es Teler 77, dll), daerah rekreasi dan pelunasan tagihan (PLN, Telkom, Indovision, First Media).
Agar sanggup memperoleh RAILPAY ini setiap pelanggan KAI mesti sudah terdaftar di aplikasi Mobile KAI Access kemudian membeli tiket KA Jarak Jauh dengan jumlah transaksi tertentu. Kartu RAILPAY mencakup 4 kelompok anggota mencakup : Kartu RAILPAY Regular, Kartu RAILPAY Premium, Kartu RAILPAY Gold dan Kartu RAILPAY Platinum. Kartu ini tak mempunyai tanggal kadaluarsa dan tak berlaku nilai minimal transaksi. Untuk mengisi ulang kartu RAILPAY sanggup dilakukan di ATM Bank penerbit yang mempunyai tanda logo isi ulang dengan maksimal pengisian sampai Rp.1 juta.
Layanan cara pesan tiket kereta api secara online ini sangat gampang dilakukan bahkan bagi yang gres pertama kali berkenalan dengan cara-cara online. Ada banyak laba kalau konsumen melaksanakan pemesanan tiket kereta api secara online ini. Yang paling terasa yaitu konsumen tak perlu tiba dan antri di depan loket tiket di stasiun yang sanggup memakan waktu sampai berjam-jam. Yang kedua, harga tiket pun sama dan bahkan sanggup lebih murah dibanding kalau membelinya eksklusif di stasiun. Yang ketiga, konsumen sanggup mengetahui dan menentukan mana saja kereta dengan bangku yang masih kosong dan mana yang sudah habis dengan cepat. Lalu untuk pilihan pembayaran pun sangat fleksibel mulai dari transfer lewat ATM, membayar di Indomaret/Alfamart dan juga di kantor pos.
1. Cara pesan tiket kereta api secara online
Cara pesan tiket kereta api melalui situs resmi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yaitu dengan kanal ke https://tiket.kereta-api.co.id/. Dari halaman utama yang ditampilkan tersebut, di kolom "Info Jadwal & Reservasi" konsumen sanggup mulai melaksanakan pemesanan tiket kereta. Ada beberapa data yang wajib untuk diisi. Pertama yaitu tanggal keberangkatan dengan menentukan dari hidangan drop down yang sudah tersedia (misalnya menentukan : Jum'at 11 Agustus 2019). Data selanjutnya yang harus dilengkapi yaitu Stasiun Asal, juga dipilih dari hidangan drop down yang tersedia (misalnya menentukan : Cepu). Dilanjut dengan menentukan data Stasiun Tujuan, masih sama dengan memilihnya dari hidangan drop down (misalnya menentukan : Bandung).
Proses cara pesan tiket kereta api selanjutnya yaitu menentukan jumlah penumpang yang akan berangkat yang dibedakan menjadi penumpang remaja (lebih dari sama dengan 3 tahun) dan penumpang Infant (kurang dari 3 tahun). Lalu klik pada tombol Tampilkan warna orange. Bila memang tersedia maka akan ditampilkan semua kereta yang tersedia untuk tujuan tersebut beserta kapasitas daerah duduk baik yang tiketnya masih tersedia maupun yang sudah habis. Dari teladan di atas yaitu pesan tiket untuk dari Stasiun Cepu Ke Stasiun Bandung pada Jum'at 11 Agustus 2019 akan menampilkan data-data sebagai berikut :
HARINA (73) Eksekutif Subclass A, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 450.000
HARINA (73) Eksekutif Subclass W, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 150.000
HARINA (73) Bisnis Subclass B, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 340.000
HARINA (73) Bisnis Subclass K, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 310.000
HARINA (73) Bisnis Subclass N, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 290.000
HARINA (73) Bisnis Subclass O, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 270.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass C, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 230.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass P, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 215.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass Q, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 200.000
Lanjut dengan klik pada tombol Pesan warna biru dari kereta yang dipilih. Halaman berikutnya akan menampilkan detil dari pesanan yang gres saja dilakukan. Dari teladan di atas contohnya yaitu sebagai berikut :
Informasi Reservasi Kereta Api
Nama KA (No) : HARINA (73)
Kelas : Ekonomi (C)
Asal : CEPU (CU)
Tujuan : BANDUNG (BD)
Berangkat : 11 Aug 2019, 18:43 WIB
Datang : 12 Aug 2019, 04:11 WIB
Harga Tiket
Dewasa : Rp 230.000
Infant : Rp 0
Jumlah Penumpang
Dewasa : 1
Infant : 0
Berikan tanda centang pada "Dengan ini saya sepakat dan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), termasuk pembayaran dan mematuhi semua hukum dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif atau jasa". Kemudian klik pada tombol Lanjutkan untuk masuk ke halaman Pengisian Data Penumpang dan juga Data Pemesan. Untuk data penumpang mencakup : nama lengkap dan Nomor ID (KTP, Paspor, SIM). Bila tak mempunyai ID maka diisi dengan tanggal lahir dengan bentuk penulisan : hhbbtttt. Kemudian untuk data pemesan mencakup : Nama, Email, No Hp, dan alamat lengkap.
Setelah data-data dilengkapi, pemesan melanjutkannya ke pembayaran. Tentukan metode pembayaran tiket termudah dari beberapa pilihan berikut : ATM bank, Indomaret, Alfamart atau kantor pos. Setelahnya klik pada tombol Selanjutnya. Sesudah itu pada layar akan ditampilkan halaman konfirmasi pemesanan. Segera saja membayar sesuai opsi yang dipilih contohnya melalui Indomaret. Bila pembayaran sudah diselesaikan maka pemesan akan dikirimi email dan SMS konfirmasi dimana di dalamnya tercetak instruksi booking, identitas penumpang dan detil perjalanan. Menggunakan instruksi booking tersebut calon penumpang sanggup menukarkannya ke boarding pass atau tiket kereta di mesin Check-in corner di stasiun keberangkatan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan.
2. Mengenal RAILPAY sebagai alat pembayaran pembelian tiket
RAILPAY termasuk layanan uang elektronik berbentuk kartu yang dikeluarkan PT KAI berhubungan dengan bank penerbit dan ditujukan bagi para pelanggan KAI. RAILPAY ini menjadi pengganti uang tunai dengan saldo yang tersimpan dalam chip kartu. RAILPAY sanggup digunakan untuk alat pembayaran, alat transaksi serta identitas pelanggan KAI. Kartu ini selain sanggup digunakan untuk membayar tiket kereta juga untuk Tiket Pesawat, Tiket Kapal Laut, Tiket Damri, uang Tol, Parkir (Res Parking,ISS Parking), BBM (SPBU Pertamina), membeli di toko retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo dan toko retail lainnya), restoran (Solaria, Excelso, Es Teler 77, dll), daerah rekreasi dan pelunasan tagihan (PLN, Telkom, Indovision, First Media).
Agar sanggup memperoleh RAILPAY ini setiap pelanggan KAI mesti sudah terdaftar di aplikasi Mobile KAI Access kemudian membeli tiket KA Jarak Jauh dengan jumlah transaksi tertentu. Kartu RAILPAY mencakup 4 kelompok anggota mencakup : Kartu RAILPAY Regular, Kartu RAILPAY Premium, Kartu RAILPAY Gold dan Kartu RAILPAY Platinum. Kartu ini tak mempunyai tanggal kadaluarsa dan tak berlaku nilai minimal transaksi. Untuk mengisi ulang kartu RAILPAY sanggup dilakukan di ATM Bank penerbit yang mempunyai tanda logo isi ulang dengan maksimal pengisian sampai Rp.1 juta.