Soal Pengembangan Produk Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pengembangan Produk Beserta Jawaban
  1. Pihak yang mendapatkan produk dari pedagang besar dan menjualnya kepada akonsumen disebut ....
    a. Grosir
    b. Perantara khusus
    c. Perwakilan
    d. Pedagang eceran
  2. Salah satu keterbatasan pembelanjaan secara online adalah..
    a. Pembeli merasa kurang nyaman karena internet hanya mampu memberikan informasi dan visualisasi produk, bukan secara fisik.
    b. Biaya pemesanan barang melalui internet sangat mahal jika dibandingkan dengan membeli langsung
    c. Pemesanannya memakan waktu lama sehingga konsumen merasa jenuh
    d. Produk yang dipasarkan bisa ditiru oleh para pesaing
  3. Mode pengiriman barang yang cepat namun sangat mahal serta pengiriman hanya dapat dilakukan dalam jumlah tertentu merupakan ciri pengiriman melalui ....
    a. Truck
    b. Kereta api
    c. Kapal laut
    d. Pesawat udara
  4. Kelebihan-kelebihan dari pemilihan mode transportasi jalan darat untuk menyalurkan produk ke konsumen adalah...
    a. Membutuhkan waktu pengiriman yang lama sampai ke konsumen
    b. Biaya yang dikeluarkan sangat mahal
    c. Barang dapat dikirim ke hampir semua lokasi dalam pulau.
    d. Hemat biaya dan menguntungkan
  5. Berikut adalah bidang-bidang fungsional yang turut mempengaruhi keputusan produk, yaitu…
    a. Unit pemasaran, keuangan dan SDM
    b. Para distributor, agen dan pengecer
    c. Rekan bisnis, distributor dan konsumen
    d. Pesaing, rekan bisnis dan konsumen
  6. Fase-fase yang digunakan oleh perusahaan dalam mengembangkan produk baru secara umum meliputi..
    a. Mencari ide, merumuskan konsep dan melakukan uji coba
    b. Pengembangan konsep, desain produk, dan uji coba
    c. Mencari ide, mengembangkan konsep dan melakukan ujicoba
    d. Pengembangan konsep, uji coba dan melakukan evaluasi
  7. Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa merupakan pengertian sempit dari …
    a. Produksi
    b. Pabrik
    c. Teknologi
    d. Industri
  8. Pengertian teknologi menurut Schroeder, dalam arti sempit adalah ...
    a. Ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi manusia
    b. Aplikasi ilmu pengetahuan untuk memecahkan permasalahan manusia
    c. Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa
    d. Proses dan peralatan yang digunakan mendesain produk
  9. Strategi umum bersaing yang dikemukakan Porter, salah satunya adalah adanya kemampuan perusahaan untuk menyediakan nilai yang unik dan superior kepada pembeli dalam hal kualitas produk, fitur-fitur khusus, dan layanan purna jual, menurut Porter disebut sebagai strategi....
    a. Persaingan harga
    b. Persaingan bebas
    c. Kepemimpinan biaya
    d. Diferensiasi
  10. Penetapan biaya rendah yang bertujuan untuk menguasai pasar yang luas, namun masih tetap memberikan keuntungan yang memuaskan, menurut Porter disebut sebagai strategi ....
    a. Fokus biaya
    b. Kepemimpinan biaya
    c. Diferensiasi
    d. Fokus diferensiasi
  11. Inovasi dalam arti luas adalah ....
    a. Aplikasi praktik dan komersialisasi penemuan-penemuan
    b. Aplikasi untuk sekedar membuat suatu produk baru
    c. Aplikasi praktis yang digunakan untuk membuat suatu produk
    d. Aplikasi praktik pembuatan manufaktur
  12. Gabungan dari usaha kreatif indiviu, fungsi operasional dan aktivitas organisasi, serta arsitektur perusahaan, merupakan proses…
    a. Inovasi
    b. Radikalisasi produk
    c. Revolusi industri
    d. Kreatifitas perusahaan
  13. Inovasi minor terjadi apabila ada ….
    a. Peningkatan penggunaan teknologi
    b. Peningkatan penggunaan modal
    c. Peningkatan penggunaan tenaga kerja
    d. Peningkatan penggunaan agen penjualan
  14. Inovasi merupakan rangkaian simultan pengetahuan didalam tiga fungsi yang akan membangun dan membesarkan inovasi, merupakan penyataan dari …
    a. Model rangkaian simultan
    b. Model interaktif
    c. Model linear
    d. Medel kebetulan
  15. Inovasi yang mengubah sebagian besar proses yang sudah ada, merupakan bentuk inovasi …
    a. Minor
    b. Radikal
    c. Inovasi aktif
    d. Sedang
  16. Suatu bentuk kerja sama yang bersifat lebih fleksibel sehingga perusahaan dapat memperluas kerja sama tersebut dari waktu ke waktu apabila dirasa diperlukan disebut ….
    a. Outsourcing
    b. Joint venture
    c. Kolaborasi
    d. Klaster industri
  17. Karena tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan suatu produk baru, maka dalam upaya pengembangannya dibutuhkan kerjasama internal, yaitu....
    a. Adanya kerjasama antar sesama perusahaan pengembang produk sejenis
    b. Adanya kerjasama antar departemen dalam perusahaan
    c. Adanya kerjasama lintas sektoral
    d. Kerjasama dengan para agen penjualan
  18. Kegiatan mengurutkan produk secara menurun berdasarkan kontribusi rupiah individu masing-masing produk bagi perusahaan, disebut…..
    a. Aliansi Strategik
    b. Penentuan Produk Baru
    c. Analisis produk berdasarkan nilai
    d. Proses Perencanaan Produk
  19. Fokus pada permasalahan yang sedikit tetapi penting dan bukan pada permasalahan yang banyak tetapi sepele untuk diterapkan pada bauran produk, disebut sebagai prinsip....
    a. Partisipasi
    b. Pelayanan
    c. Pareto
    d. Probabilitas
  20. Pendekatan pasar dan produk yang mendasar dengan memperhatikan para pesaing untuk memilih peluang-peluang pasar yang ada, merupakan pengembangan produk ditinjau dari aspek....
    a. Segmentasi pasar
    b. Perkembangan teknologi
    c. Platform produk
    d. Strategi bersaing
Jawaban:
  1. d. Pedagang eceran
  2. a. Pembeli merasa kurang nyaman karena internet hanya mampu memberikan informasi dan visualisasi produk, bukan secara fisik.
  3. d. Pesawat udara
  4. c. Barang dapat dikirim ke hampir semua lokasi dalam pulau.
  5. a. Unit pemasaran, keuangan dan SDM
  6. b. Pengembangan konsep, desain produk, dan uji coba
  7. c. Teknologi
  8. c. Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa
  9. d. Diferensiasi
  10. b. Kepemimpinan biaya
  11. a. Aplikasi praktik dan komersialisasi penemuan-penemuan
  12. a. Inovasi
  13. a. Peningkatan penggunaan teknologi
  14. a. Model rangkaian simultan
  15. b. Radikal
  16. c. Kolaborasi
  17. b. Adanya kerjasama antar departemen dalam perusahaan
  18. c. Analisis produk berdasarkan nilai
  19. c. Pareto
  20. d. Strategi bersaing
LihatTutupKomentar