Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Karakteristik Peserta Didik Lengkap Jawaban
- Pak Dema sangat memahami karakteristik siswa-siswinya. Karena siswa-siswinya sering menunjukkan sikap kurang antusias setiap kali diskusi kelompok. Kali ini Pak Dema melakukan kebijakan yang berbeda dari biasanya. Pak Dema membentuk kelompok-kelompok kecil terdiri atas 4-5 siswa yang heterogen terdiri atas putra dan putri. Ternyata upaya Pak Dema ini berhasil. Tiap-tiap kelompok menjadi lebih antusias berdiskusi.Keberhasilan Pak Dema tersebut disebabkan adanya perkembangan fisik anak pada bagian ....a. Kelenjar eksostrinb. Hormon testosteronec. Kelenjar endoktrind. Struktur fisik
- Siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....a. Kemampuan kognitifb. Kemampuan interaksionalc. Kemampuan integrasi dirid. Kemampuan komunikatif
- Seorang anak yang tidak mampu membangun kerja sama dalam kelompok. Dia cenderung menguasai forum dan tidak memberi kesempatan kepada teman-temannya. Jika teman lain berhasil mengendalikan diskusi, dia lebih memilih bekerja mandiri.Anak seperti itu bermasalah dalam hal perkembangan ....a. Kognitif interaksionalb. Sosial emosionalc. Moral spirituald. Sosial kognitif
- Seorang anak yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, lalu membuat keputusan menurut suatu kode moral pribadi.Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...a. Penalaran prakonvensionalb. Penalaran interkonvensionalc. Penalaran pascakonvensionald. Penalaran konvensional
- Salah satu faktor internal yang memengaruhi potensi intelektual peserta didik adalah motivasi intrinsik. Hal-hal yang termasuk faktor motivasi intrinsik adalah ....a. Budaya dan kebiasaanb. Harmonisasi keluargac. Daya tarik integrased. Sifat positif dan kreatif
- Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....a. Intelegensi dan kognitifb. Budaya dan pembiasaanc. Keluarga dan lingkungan masyarakatd. Emosional dan kepribadian
- Seorang guru berusaha untuk memberikan pembelajaran yang variatif kepada peserta didiknya. Dia ingin seluruh peserta didik berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didiknya.Kegiatan yang harus dilakukan guru agar terpenuhi harapannya tersebut adalah ...a. Mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing peserta didiknyab. Mempersiapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan keinginan guru.c. Membuat media pembelajaran yang mendukung pembelajarannya.d. Mengumpulkan berbagai sumber belajar sesuai keinginan guru.
- Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….a. Mengaktualisasikan dirib. Penciptaan hubungan yang baikc. Mengemukakan gagasand. Memformulasikan tindakan
- Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …a. Brainstormingb. Wawancarac. Angketd. Sosiometri
- Status pengetahuan dan keterampilan peserta didik sekarang untuk menuju ke status yang akan datang yang diinginkan guru agar tercapai oleh peserta didik merupakan konsep dasar dari ….a. Proses belajarb. Kemajuan belajarc. Bekal awald. Capaian belajar
- Seorang anak memiliki gejala tidak suka bersenang-senang, tidak dapat berkonsentrasi, kurang tidur, tidak ada selera makan, berbuat kejelekan di sekolah, tidak merasa bahagia, dan selalu merasa bersalah. Gejala tersebut adalah....a. Depresib. Kecemasanc. Takut sekolahd. Stress
- Kegiatan anak selalu untuk belajar melalui proses peniruan perilaku disebut dengan....a. Internalisasib. Imitasic. Ekstrovetd. Introvet
- Peserta didik dipandang sebagai sosok manusia yang memiliki pribadi yang utuh dan merupakan pengejawan tahan manunggalnya berbagai ciri atau sifat kodrat manusia yang seimbang berbagai segi:a. Peserta didik dipandang sebagai mahlukindividudan mahluksosialb. Pendidikan harus membekali peserta didik dengan berbagai kecakapan untuk hidupdidunia dan akhiratc. Keseimbangan peserta didik yang menggambarkan keselarasan hubungan antara manusia dengan dirinya, dengan sesama manusia, alam sekitar dan manusia dengan tuhand. Manusia dalam kodratnya dapat di didik, maka dipandang sebagai homosapien, dan homo educandum
- Pada awal kehidupan anak, aspek perkembangan yang berkembang lebih menonjol adalah aspek:a. Fisik-motorikb. Kognitifc. Bahasad. Sosial emosional
- Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua istilah yang sering digunakan secara bersamaan,namun sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan karena perkembangan....a. Menyatakan perubahan-perubahan kuantitatif mengenai fisik ataubiologisb. Digunakan untuk perubahan-perubahan kualitatif mengenai aspek psikis atau rohani dan aspek sosialc. Berkembang sejak masa konsepsi hingga akhir hayatnyad. Pertumbuhan akan terhenti setelah tercapai kematangan
Kunci Jawabannya Klik Disini