Karakteristik Peserta Didik - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Karakteristik Peserta Didik Lengkap Jawaban
  1. Pak Dema sangat memahami karakteristik siswa-siswinya. Karena siswa-siswinya sering menunjukkan sikap kurang antusias setiap kali diskusi kelompok. Kali ini Pak Dema melakukan kebijakan yang berbeda dari biasanya. Pak Dema membentuk kelompok-kelompok kecil terdiri atas 4-5 siswa yang heterogen terdiri atas putra dan putri. Ternyata upaya Pak Dema ini berhasil. Tiap-tiap kelompok menjadi lebih antusias berdiskusi. 
    Keberhasilan Pak Dema tersebut disebabkan adanya perkembangan fisik anak pada bagian ....
    a. Kelenjar eksostrin
    b. Hormon testosterone
    c. Kelenjar endoktrin
    d. Struktur fisik
  2. Siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
    Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
    a. Kemampuan kognitif
    b. Kemampuan interaksional
    c. Kemampuan integrasi diri
    d. Kemampuan komunikatif
  3. Seorang anak yang tidak mampu membangun kerja sama dalam kelompok. Dia cenderung menguasai forum dan tidak memberi kesempatan kepada teman-temannya. Jika teman lain berhasil mengendalikan diskusi, dia lebih memilih bekerja mandiri.
    Anak seperti itu bermasalah dalam hal perkembangan ....
    a. Kognitif interaksional
    b. Sosial emosional
    c. Moral spiritual
    d. Sosial kognitif
  4. Seorang anak yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, lalu membuat keputusan menurut suatu kode moral pribadi.
    Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
    a. Penalaran prakonvensional
    b. Penalaran interkonvensional
    c. Penalaran pascakonvensional
    d. Penalaran konvensional
  5. Salah satu faktor internal yang memengaruhi potensi intelektual peserta didik adalah motivasi intrinsik. Hal-hal yang termasuk faktor motivasi intrinsik adalah ....
    a. Budaya dan kebiasaan
    b. Harmonisasi keluarga
    c. Daya tarik integrase
    d. Sifat positif dan kreatif
  6. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
    Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
    a. Intelegensi dan kognitif
    b. Budaya dan pembiasaan
    c. Keluarga dan lingkungan masyarakat
    d. Emosional dan kepribadian
  7. Seorang guru berusaha untuk memberikan pembelajaran yang variatif kepada peserta didiknya. Dia ingin seluruh peserta didik berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didiknya.
    Kegiatan yang harus dilakukan guru agar terpenuhi harapannya tersebut adalah ...
    a. Mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing peserta didiknya
    b. Mempersiapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan keinginan guru.
    c. Membuat media pembelajaran yang mendukung pembelajarannya.
    d. Mengumpulkan berbagai sumber belajar sesuai keinginan guru.
  8. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
    a. Mengaktualisasikan diri
    b. Penciptaan hubungan yang baik
    c. Mengemukakan gagasan
    d. Memformulasikan tindakan
  9. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
    a. Brainstorming
    b. Wawancara
    c. Angket
    d. Sosiometri
  10. Status pengetahuan dan keterampilan peserta didik sekarang untuk menuju ke status yang akan datang yang diinginkan guru agar tercapai oleh peserta didik merupakan konsep dasar dari ….
    a. Proses belajar
    b. Kemajuan belajar
    c. Bekal awal
    d. Capaian belajar
  11. Seorang anak memiliki gejala tidak suka bersenang-senang, tidak dapat berkonsentrasi, kurang tidur, tidak ada selera makan, berbuat kejelekan di sekolah, tidak merasa bahagia, dan selalu merasa bersalah. Gejala tersebut adalah....
    a. Depresi
    b. Kecemasan
    c. Takut sekolah
    d. Stress
  12. Kegiatan anak selalu untuk belajar melalui proses peniruan perilaku disebut dengan....
    a. Internalisasi
    b. Imitasi
    c. Ekstrovet
    d. Introvet
  13. Peserta didik dipandang sebagai sosok manusia yang memiliki pribadi yang utuh dan merupakan pengejawan tahan manunggalnya berbagai ciri atau sifat kodrat manusia yang seimbang berbagai segi:
    a. Peserta didik dipandang sebagai mahlukindividudan mahluksosial
    b. Pendidikan harus membekali peserta didik dengan berbagai kecakapan untuk hidupdidunia dan akhirat
    c. Keseimbangan peserta didik yang menggambarkan keselarasan hubungan antara manusia dengan dirinya, dengan sesama manusia, alam sekitar dan manusia dengan tuhan
    d. Manusia dalam kodratnya dapat di didik, maka dipandang sebagai homosapien, dan homo educandum
  14. Pada awal kehidupan anak, aspek perkembangan yang berkembang lebih menonjol adalah aspek:
    a. Fisik-motorik
    b. Kognitif
    c. Bahasa
    d. Sosial emosional
  15. Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua istilah yang sering digunakan secara bersamaan,namun sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan karena perkembangan....
    a. Menyatakan perubahan-perubahan kuantitatif mengenai fisik ataubiologis
    b. Digunakan untuk perubahan-perubahan kualitatif mengenai aspek psikis atau rohani dan aspek sosial
    c. Berkembang sejak masa konsepsi hingga akhir hayatnya
    d. Pertumbuhan akan terhenti setelah tercapai kematangan
Kunci Jawabannya Klik Disini
LihatTutupKomentar