Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Penilaian Lengkap Jawaban
- Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:a. Pedoman observasib. Kuesionerc. Pedoman wawancarad. Tes hasil belajar
- Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;a. Meanb. Modusc. Mediand. Simpangan baku
- Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakana. Penilaian hasil belajar peserta didikb. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guruc. Penilaian silabus dan RPPd. Penilaian standar kompetensi lulusan
- Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….a. Objektivitas.b. Transparanc. Bermaknad. Menyeluruh
- Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?a. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilanb. Menyampaikan laporan ke atasannyac. Menyusun rencana tindak lanjutd. Menyusun laporan hasil pemantauan
- Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:a. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbedab. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggic. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuaid. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
- Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….a. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan gurub. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswac. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswad. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
- Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....a. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaranb. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaranc. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.d. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
- Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….a. Pencapaian standar kompetensib. Pencapaian kompetensi dasar.c. Pencapaian tujuan pembelajarand. Pencapaian standar kelulusan
- Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;a. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswab. Menambah bahan pelajaran baruc. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjutd. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
- Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….a. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasab. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostikc. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswad. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
- Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedialb. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswac. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.d. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
- Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....a. Menentukan kriteria keberhasilan belajarb. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnyac. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkand. Merencanakan pengajaran remidi
- Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….a. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswab. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswac. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajard. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
- Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....a. Konstruktivismeb. Authentic assesmentc. Efektifd. Kondusif
- Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?a. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depanb. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didikc. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutand. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
- Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:a. Buku sumber yang digunakanb. Kurikulum dan silabusc. Indikator pencapaian kompetensid. Kemampuan awal siswa
- Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:a. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukurb. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaranc. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapaid. Penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
- Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:a. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakanb. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilaic. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didikd. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
- Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:a. Nilai batas ambang kompetensib. Nilai minimal yang dicapai peserta didikc. Nilai maksimal yang dicapai peserta didikd. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
Kunci Jawabannya Klik Disini